Blog

Body Care : Jenis Perawatan Tubuh

cover Blog

Melakukan perawatan kulit badan atau bodycare adalah bagian penting dari rutinitas kecantikan yang tidak boleh dibaikan. Hal ini karena kulit badan juga membutuhkan perhatian dan perawatan khusus untuk tetap sehat, lembut, dan bercahaya. Ada banyak sekali produk bodycare yang dapat kita gunakan dalam rutinitas kita untuk membantu menjaga kesehatan kulit badan. Kamu pasti sudah familiar dengan produk-produk bodycare seperti body wash, body scrub, body peeling, body lotion, dan body serum, kan? Yuk, kita bahas lebih jauh mengenai produk bodycare tadi beserta cara penggunaan dan manfaatnya !

1. Body Wash

Body wash, atau sabun mandi, adalah pembersih yang dirancang khusus untuk membersihkan tubuh dari kotoran, minyak, dan kuman saat mandi. Produk ini biasanya berbentuk padat atau cair dan mengandung bahan-bahan yang lembut dan melembapkan, sehingga dapat membersihkan kulit tanpa menghilangkan minyak alami. Kamu bahkan bisa memilih aroma yang kamu suka karena banyak pilihan aroma yang dapat memberikan pengalaman mandi yang menyenangkan. Kamu bisa menggunakan loofah atau spons mandi (shower puff) untuk menghasilkan busa yang lebih banyak dan kemudian gosokkan ke seluruh tubuh dengan gerakan memutar untuk membantu mengangkat kotoran serta sel kulit mati. Setelah itu, jangan lupa membilas tubuh hingga bersih dengan air agar kulitmu bersih dan lembap.

2. Body Scrub

Selain menggunakan body wash, kamu juga bisa gunakan body scrub saat mandi loh! Body scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit. Body scrub merupakan salah satu jenis produk eksfoliasi (physical exfoliator) yang mengandung butiran scrub halus, namun lembut di kulit. Eksfoliasi dengan body scrub satu hingga dua kali seminggu dapat membantu meremajakan kulit, merangsang sirkulasi darah melalui pijatan, memperbaiki tekstur kulit, dan bahkan dapat membantu mengurangi tampilan bekas luka dan hiperpigmentasi yang ada pada kulitmu loh! Kamu bisa oleskan body scrub pada kulit yang basah, kemudian gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar, terutama pada area yang kasar seperti siku, lutut, dan tumit. Agar tidak menyebabkan iritasi pada kulitmu, jangan gosok kulit terlalu keras ya! Kamu bisa bilas dengan air hangat setelah selesai untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut.

3. Body Peeling

Mirip dengan body scrub, body peeling merupakan jenis produk ekfoliasi yang menggunakan bahan kimia seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) atau BHA (Beta Hydroxy Acid) untuk eksfoliasi. Proses eksfoliasi kimia ini membantu memperbaiki warna kulit yang tidak merata, mencerahkan kulit, dan mengurangi tampilan garis halus serta kerutan. Sebelum mengaplikasikan produk body peeling kamu harus memastikan bahwa kulit dalam kondisi yang bersih dan kering. Aplikasikan produk pada kulit dan ikuti petunjuk cara pemakaian produk sesuai jenisnya, seperti peeling gel atau peeling serum. Kamu bisa melakukan body peeling satu hingga dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Namun, kamu perlu memastikan untuk selalu mengakhiri rutinitas body peeling dengan pelembap untuk menjaga kelembapan kulitmu ya!

4. Body Lotion

Bodycare yang tidak boleh dilupakan dalam rutinitas perawatan kulit badan adalah body lotion. Biasa digunakan setelah mandi untuk menjaga kelembapan kulit, body lotion adalah pelembap yang diformulasikan untuk digunakan di seluruh tubuh, biasanya memiliki konsistensi yang lebih ringan dan cepat menyerap. Saat mengaplikasikannya, kamu bisa juga sambil  memijat lembut kulitmu untuk membantu lotion terserap sepenuhnya loh. Kamu bisa memilih body lotion yang mengandung bahan-bahan seperti aloe vera extract, ceramide atau hyaluronic acid untuk hasil yang optimal. Body lotion yang kamu gunakan akan membantu menutrisi kulit dengan vitamin dan minyak alami yang akan membuatnya terasa lembut dan halus.

5. Body Serum

Jika Nettisan memiliki masalah kulit tertentu seperti kulit kusam, hiperpigmentasi, penuaan, atau kulit kering yang ekstrem mungkin kamu perlu menambahkan body serum ke dalam rutinitas bodycare-mu. Body serum adalah pelembap yang lebih terkonsentrasi dibandingkan body lotion, mengandung bahan aktif lebih tinggi seperti vitamin C, glutathione, symwhite, berry white, atau retinol. Penggunaan bahan aktif yang lebih kuat pada body serum akan memberikan hidrasi yang lebih mendalam dan membantu memperbaiki tekstur serta elastisitas kulit. Kamu bisa mengaplikasikan sedikit body serum pada kulit yang bersih dan kering, kemudian pijat hingga serum terserap sepenuhnya. Setelah itu, kamu bisa aplikasikan body lotion atau body cream untuk mengunci kelembapan dan memberikan nutrisi tambahan. Jika kamu rutin menggunakan bodycare yang satu ini, kulitmu akan tetap sehat, lembap, dan terlihat lebih muda! Produk ini sangat efektif dalam melembapkan kulit secara intensif dan meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

Merawat kulit badan dengan produk bodycare yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan rutin menggunakan produk-produk bodycare tadi, Nettisan dapat memiliki kulit tubuh yang sehat, kenyal, lembut, dan bercahaya. Tentu saja selalu pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhanmu ya!

Jika Nettisan mencari produk bodycare berkualitas atau ingin mengembangkan produk perawatan kulit sendiri, PT. Tissan siap membantu Kamu! Di PT. Tissan, kamu bisa membuat produk bodycare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, bahkan juga bisa membantumu memulai perjalanan sebagai beautypreneur dengan menciptakan kosmetik, skincare, dan parfummu sendiri loh. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi PT TIssan sekarang juga. Kamu akan mendapatkan saran dari tim ahli yang berpengalaman di bidangnya dan wujudkan mimpimu menjadi beautypreneur bersama PT. Tissan segera.

icon whatsapp
icon
Loading...