Blog

Eksfoliasi Kulit Wajah: Rahasia Menuju Kulit Berseri yang Sehat !

cover Blog

Dalam dunia skincare yang terus berkembang ini, eksfoliasi menjadi langkah yang tak lekang oleh waktu dan salah satu step paling penting dalam perawatan kulit untuk mempertahankan kulit yang sehat dan bercahaya. Praktik ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan membuka pori-pori kita, sehingga meningkatkan tampilan kulit kita agar terlihat lebih segar dan berseri. Namun sebelum kita melakukan eksfoliasi tentunya ada baiknya jika kita membahas lebih jauh mengenai manfaatnya, karena ternyata eksfoliasi kulit wajah rupanya punya sejumlah manfaat yang signifikan untuk kesehatan kulit loh!

Manfaat Eksfoliasi Kulit Wajah

1.      Mencegah Jerawat

Melakukan eksfoliasi secara teratur rupanya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan membersihkan pori-pori dari kotoran yang menjadi sumber utama munculnya jerawat.

2.      Memperbaiki Tekstur Kulit

Penumpukan sel-sel kulit yang mati di wajah rupanya dapat merubah tekstur kulit wajah kita menjadi kasar dan tidak rata loh! Dengan melakukan eksfoliasi kita dapat menghaluskan dan meratakan tekstur kulit, bahkan bisa mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan juga.

3.      Mencerahkan Kulit

Lapisan sel kulit mati yang terangkat ketika kita melakukan eksfoliasi, akan membuat aliran darah pada kulit wajah lebih lancar yang akan membantu kulit wajah kita menjadi terlihat lebih sehat dan cerah.

Sudah tertarik untuk melakukan eksfoliasi kulit wajah? Jika sudah, jangan terburu-buru melakukan salah satu langkah perawatan kulit wajah yang satu ini ya. Kenali dulu teknik dan bahan yang digunakan dalam eksfoliasi. Berikut adalah beberapa teknik dan bahan yang biasa digunakan untuk perawatan kulit wajah yang satu ini.

1.      Physical Exfoliation

Metode eksfoliasi yang satu ini menggunakan bahan dengan partikel halus untuk secara fisik mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, umumnya dikenal dengan srubbing. Produk yang paling sering digunakan untuk melakukan metode yang satu ini adalah scrub. Biasanya bahan-bahan seperti gula, garam, atau bubuk beras juga digunakan untuk membuat eksfoliator fisik yang lembut namun efektif. Selain scrub, ada juga berbagai alat bantu yang dapat digunakan untuk eksfoliasi fisik tanpa membuat luka di permukaan kulit. Salah satunya adalah exfoliating pads, yang biasanya terbuat dari bahan-bahan lembut seperti kapas atau mikrofiber. Ada juga exfoliating brush yang dirancang khusus untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dengan lebih efektif. Tidak hanya itu, beberapa cleansing tools juga dapat digunakan untuk eksfoliasi loh. Misalnya, sikat pembersih wajah elektrik yang dilengkapi dengan bulu-bulu yang berputar dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori dengan lebih intensif.

Terkadang metode yang satu ini juga menggunakan alat bantu yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati tanpa membuat luka di permukaan kulit kita seperti, serat microfiber, spons konjak, atau sikat dengan bulu yang lembut.

2.      Chemical Exfoliation

Sedangkan metode eksfoliasi yang satu ini memanfaatkan kekuatan berbagai senyawa untuk melarutkan sel-sel kulit mati dan mendorong pembaruan kulit. Bahan kimia yang biasa digunakan dalam metode eksfoliasi yang satu ini adalah Alpha Hydroxy Acid (AHA) atau Beta Hydroxy Acid (BHA). Dua bahan ini tentunya memiliki kelebihannya masing-masing, dimana asam glikolat dan asam laktat yang biasanya terkandung dalam AHA sangat populer karena sifatnya yang menghaluskan dan mencerahkan kulit. Sedangkan asam salisilat, salah satu BHA yang terkenal, dikenal karena kemampuannya menembus pori-pori yang tersumbat minyak dan memerangi jerawat.

Setelah mengenal lebih jauh berbagai teknik dan bahan yang biasa digunakan dalam eksfoliasi, sudah tahukah teknik eksfoliasi mana yang akan digunakan? Tapi jangan buru-buru melakukan eksfoliasi dulu. Sekarang saatnya kita membahas tips dan trik agar eksfoliasi dapat dilakukan dengan efektif dan aman. Simak tips dan trik di bawah ini ya!

Tips dan Trik Eksfoliasi Kulit Wajah

1.      Pahami Jenis Kulit

Poin yang satu ini menjadi hal yang cukup penting tiap kita akan melakukan perawatan kulit, apalagi kulit wajah. Dalam eksfoliasi, mengetahui jenis kulit kita dapat membantu dalam menentukan metode eksfoliasi yang tepat. Jika kulit kita cenderung kering dan sensitif, sebaiknya eksfoliasi dilakukan dengan produk yang lebih ringan. Kita bisa memilih produk eksfoliasi yang tidak menggunakan scrub atau bahan kimia aktif. Sedangkan jika kulit kita cenderung berminyak atau rentan berjerawat, kita bisa mempertimbangkan penggunaan bahan kimia aktif yang biasa digunakan untuk teknik chemical exfoliation.

2.      Frekuensi Eksfoliasi

Walaupun eksfoliasi bagus untuk menjaga dan merawat kulit, perawatan kulit wajah yang satu ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Frekuensi eksfoliasi, menurut para ahli, dapat dilakukan 1-3 kali dalam seminggu. Namun, jenis kulit kita sebenarnya juga mempengaruhi frekuensi eksfoliasi yang boleh dilakukan. Untuk yang memiliki jenis kulit wajah yang sensitif misalnya, eksfoliasi bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu untuk mencegah terjadinya iritasi. Sedangkan yang memiliki jenis kulit wajah yang cenderung berminyak, bisa melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu. Kita juga bisa melakukan chemical exfoliation yang memiliki bahan kimia aktif dengan konsentrasi rendah setiap hari. Tapi tentu saja tetap harus menyesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit kita ya!

3.      Hidrasi Setelah Eksfoliasi

Setelah melakukan eksfoliasi, langkah selanjutnya yang penting adalah memastikan bahwa kulit kita tetap terhidrasi dengan baik. Penggunaan serum yang mengandung asam hialuronat sangat direkomendasikan karena akan membantu mengembalikan keseimbangan kelembaban kulit yang mungkin terganggu akibat proses eksfoliasi. Asam hialuronat yang ada di dalam serum, bekerja dengan menarik dan mengunci molekul air ke dalam kulit, sehingga membuatnya tetap terhidrasi dan tampak segar. Selain itu, kita juga bisa menggunakan krim pelembab. Pelembab ini akan membantu mengunci kelembaban yang diserap oleh kulit setelah penggunaan serum, sehingga menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Tentu saja serum dan pelembab yang dipilih sebaiknya yang kaya akan nutrisi dan cocok untuk jenis kulit kita ya!

Kita sudah mengulik semua yang perlu diketahui dari eksfoliasi mulai dari manfaatnya, berbagai teknik dan bahan yang sering digunakan serta tips dan trik yang diperlukan. Eksfoliasi bukan hanya sekedar langkah dalam perawatan kulit, tapi juga merupakan investasi untuk kesehatan kulit jangka panjang. Sudah siap menjalani perjalanan menuju kulit yang lebih sehat dan berseri? Dengan produk eksfoliasi yang tepat, kamu bisa merasakan perubahan yang luar biasa pada kulitmu.

Di PT. Tissan, kamu bisa membuat produk eksfoliasi yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu loh,  . Jika kamu tertarik untuk membuat produk eksfoliasi, atau bahkan memulai perjalananmu sebagai beautypreneur dengan menciptakan kosmetik, skincare, dan parfummu sendiri, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga! Maklon Adalah Rahasia Sukses Bisnis Kosmetik, Skincara, dan Parfum Tanpa Ribet

Kamu bisa mendapatkan saran dari tim ahli kami dan mulai perjalanan menjadi beautypreneur bersama PT. Tissan.

icon whatsapp
icon
Loading...