Blog

Ketahui Jenis – Jenis Aroma Parfum Berdasarkan Ketahanannya

cover Blog

Nettisan, sebelum bepergian keluar rumah pastinya Kamu tidak akan pernah lupa untuk menyemprotkan wewangian agar tubuh selalu harum sepanjang hari, terhindar dari bau badan dan bau asap polusi kendaraan atau bau asap rokok di jalanan. Aroma wangi menjadi hal penting bagi seseorang untuk menunjang penampilan dan agar tampil lebih percaya diri.  Adapun parfum yang Kamu gunakan pastinya sudah sesuai dengan selera dan kebutuhan Kamu tentunya.

Parfum adalah campuran minyak essensial senyawa aroma dan pelarut yang digunakan untuk memberikan aroma wangi pada tubuh manusia. Salah satu faktor penting dalam memilih parfum adalah tingkat ketahanannya atau berapa lama wangi parfum tersebut bertahan.

 Parfum dibedakan berdasarkan konsentrasi minyak essensial atau bibit pewangi yang terkandung di dalamnya. Kandungan bahan pewangi di dalam parfum akan mempengaruhi ketahanan wangi yang dihasilkan. Berdasarkan ketahanan tersebut, tingkatan parfum terdiri dari lima jenis yaitu Perfume, EDP (Eau de Perfume), EDT (Eau de Toillete), EDC (Eau de Cologne) dan Eau Fraiche. Sebenarnya apasih perbedaannya? Baca artikel ini sampai selesai untuk tau jenis – jenis parfum yang beredar di pasaran berdasarkan tingkat ketahanannya ya, Nettisan!

Ketahui Jenis – Jenis Aroma Parfum Berdasarkan Ketahanannya_1

a.       Perfume atau Extait De Parfum

Perfume atau yang dikenal sebagai Extrait De Parfum merupakan tingkatan tertinggi dari wewangian. Jenis parfum ini biasaya disebut sebagai parfum murni. Teksturnya lebih oily atau berminyak jika dibandingkan dengan jenis parfum lainnya karena memiliki konsentrasi essensial oil yang paling tinggi yaitu sekitar 20 – 30%, sehingga pemakaian sedikit saja mampu menghasilkan wangi yang tahan lama sehingga cocok diaplikasikan saat akan beraktifitas seharian. Karena konsentrasi wewangiannya yang tinggi, Perfume juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis parfum lainnya. Meskipun harganya lebih mahal, jenis parfum ini sangat cocok digunakan untuk Kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif karena kadar alkoholnya sangat sedikit dibandingkan dengan jenis wewangian lainnya.

b.      Eau de Parfum (EDP)

EDP adalah jenis parfum yang paling sering dan paling umum ditemukan di pasaran. Wanginya yang lembut dan tahan lama banyak disukai oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita. EDP memiliki konsentrasi wewangian yang lumayan tinggi, yaitu 15 – 20%. Konsentrasi essensial oil yang tinggi, membuat parfum EDP ini memiliki aroma yang kuat dan tahan lama namun cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan Perfume. EDP umumnya memiliki harga yang lebih murah dan memiliki konstentrasi alkohol yang lebih tinggi dibandingkan dengan Perfume.

c.       Eau de Toilette (EDT)

EDT adalah parfum yang memiliki konsentrasi essensial oil sebesar 5 – 15%. Eau de toilette memiliki konsentrasi wewangian yang rendah dan konsentrasi alkohol yang tinggi, sehingga membuat wangi pada parfum ini cepat menguap. Meskipun ketahanan aromanya lebih rendah dibandingkan dengan Perfume dan Eau de Parfume, jenis wewangian ini sangat populer dan digemari oleh banyak orang karena harganya jauh lebih terjangkau.

d.      Eau de Cologne (EDC)

EDC atau yang biasa disebut dengan istrilah cologne adalah jenis parfum yang paling ringan. Hal ini disebabkan karena EDC punya tingkat konsentrasi essensial oil yang cukup rendah yaitu 2 – 4% saja. Karena EDC memiliki tingkat konsentrasi essensial oil yang rendah, jadi parfum ini lebih banyak mengandung alkohol. Biasanya di pasaran ini, EDC ini dikenal dengan Body Mist, Body Spray dan Body Splash.

e.       Eau Fraiche

Jenis wewangian paling ringan yang berada di tingkat terakhir adalah Eau Fraiche. Parfum ini punya tingkat essensial oil yang paling rendah, yaitu sekitar 1 – 3%. Komponen penyusun yang paling banyak dari jenis parfum ini adalah air, bukan alkohol atau minyak. Maka dari itu, parfum ini punya tingkat ketahanan yang paling rendah.  Meskipun tidak terlalu tahan lama di kulit, namun Eau Fraiche tetap populer di kalangan masyarakat, terutama yang memiliki budget terbatas.

 

Itulah ulasan mengenai tingkatan wangi parfum yang menarik untuk Nettisan ketahui. Dengan mengetahui tingkatan tersebut, Kamu bisa memilih parfum yang memiliki aroma yang tahan lama dan cocok untuk menemani aktivitas harian Kamu. Kamu bisa develop produk parfum ini di PT. Tissan loh. Kamu bisa request tingkat dan aroma parfum mana yang ingin Kamu develop.

 

Mau buat produk kosmetik, skincare, dan parfum Kamu sendiri? Jangan lewatkan kesempatan menjadi beautypreneur bersama PT. Tissan. Yuk, konsultasikan produk kosmetik, skincare, dan parfum yang Kamu inginkan dengan Tim Ahli kami dan hubungi kontak kami untuk membuat produk impian Kamu sekarang juga.

Postingan terkait

Belum ada postingan

icon whatsapp
icon
Loading...