Blog

Mengapa Perawatan Kulit Pria Penting: Tips dan Produk untuk Menjaga Kulit Sehat

cover Blog

Secara historis, produk-produk skincare atau perawatan kulit lebih banyak dibuat dan menargetkan perempuan. Ini mungkin menjadi awal dari anggapan soal kulit laki-laki yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kulit perempuan, yang kemudian memunculkan anggapan baru soal bagaimana para laki-laki tidak membutuhkan perawatan kulit seperti perempuan. Padahal sebenarnya kulit laki-laki juga membutuhkan perhatian dan perawatan loh! Kulit laki-laki dan perempuan memang memiliki karateristik yang berbeda namun susunannya tetap sama kok. Kulit laki-laki juga mengalami perubahan hormon, dan memiliki kondisi kulit tertentu yang memerlukan penanganan khusus sebagai tantangan. Jadi, mari kita eksplorasi lebih jauh lagi soal mengapa perawatan kulit bagi laki-laki itu penting. Kita akan bahas juga soal bagaimana memulai rutinitas yang tepat untuk menjaga kesehatan dan tampilan kulit kamu loh!

Mengapa Merawat Kulit Laki-Laki Itu Penting?

Kulit laki-laki memang cenderung lebih kencang dan 20-30% lebih tebal daripada perempuan karena memiliki kandungan kolagen dan level elastin yang tinggi. Namun, jika dibandingkan dengan para perempuan, laki-laki lebih banyak memiliki folikel rambut, dan produksi sebum atau minyak alami di kulit yang lebih aktif. Kondisi-kondisi yang dialami oleh para laki-laki ini sebenarnya membuat kulit menjadi lebih rentan mengalami masalah kulit wajah. Salah satunya adalah komedo yang mudah terjebak dalam pori-pori. Apalagi jika memiliki kebiasaan untuk bercukur setiap hari yang ditambah dengan perubahan hormon, stress, serta paparan dari luar. Jerawat, keliput, warna kulit yang tidak merata, dan peradangan bisa muncul sewaktu-waktu kalau kamu tidak merawat kulitmu loh! Yuk, mari kita bahas dengan lebih detail.

Apa-Apa Saja Yang Dapat Menyebabkan Masalah Kulit Pada Laki-Laki.

1.      Perubahan Hormon

Karakteristik kulit laki-laki yang lebih tebal dan berminyak ternyata sangat erat hubungannya dengan hormon seks utama pria, yaitu testosteron. Perubahan kadar testosteron dapat mempengaruhi kulit dengan berbagai cara. Jika terjadi peningkatan hormon testosteron, akan ada peningkatan produksi minyak, yang dapat menyebabkan jerawat. Sementara itu, seiring bertambahnya usia, laki-laki akan mengalami penurunan kadar testosteron secara bertahap. Hal ini dapat menyebabkan penurunan produksi kolagen, yang pada akhirnya mengakibatkan keriput dan kulit kendur. Memahami pengaruh hormonal ini sangat penting untuk mengembangkan rutinitas perawatan kulit yang tepat dan efektif.

2.      Kondisi Kulit

Sama seperti kondisi kulit perempuan, kulit laki-laki juga menghadapi tantangan khusus yang memerlukan perhatian dan perawatan. Kekeringan dan iritasi adalah masalah umum yang sering dialami akibat rutinitas mencukur. Proses mencukur yang dilakukan secara rutin ternyata dapat merusak lapisan pelindung kulit loh! Ini membuat kulit di bagian yang dicukur lebih rentan terhadap kekeringan dan iritasi. Selain itu, paparan harian terhadap elemen luar seperti sinar matahari, polusi, dan cuaca ekstrem juga bisa berdampak negatif pada kulit laki-laki. Apalagi jika menginggat bagaimana sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini, sementara polusi dan kondisi cuaca ekstrem dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit lainnya. Maka dari itu penting sekali bagi para laki-laki untuk melindungi kulit mereka dari faktor-faktor ini dan mengadopsi rutinitas skincare yang efektif.

Tips Perawatan Kulit Laki-Laki

Setelah mengetahui tantangan yang dihadapi, kini saatnya kita membahas solusi praktis yang dapat membantu pria menjaga kesehatan dan penampilan kulit mereka. Berikutnya mari kita bahas beberapa Tips Perawatan Kulit Laki-Laki yang sebaiknya dilakukan, lengkap dengan rekomendasi produk dengan bahan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan kulit laki-laki.

1.      Melakukan Pembersihan

Membersihkan kulit adalah langkah dasar yang sangat penting dalam rutinitas skincare. Dengan karakteristik kulit yang menghasilkan lebih banyak minyak dan keringat dibandingkan perempuan, kemungkinan terjadinya penyumbatan pori-pori dan jerawat jadi lebih besar. Kamu bisa gunakan pembersih wajah yang sudah diformulasikan khusus untuk kulit laki-laki ya. Biasanya produk-produk skincare khusus untuk laki-laki memiliki kandungan bahan salicylic acid yang efektif untuk kamu yang memiliki berminyak dan dapat membantumu mencegah jerawat dengan membersihkan pori-pori secara mendalam. Selain itu ada juga kandungan benzoyl peroxide yang ideal untuk kamu yang memilki kulit berjerawat, bahan ini membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. Jangan lupa bersihkan kulitmu minimal dua hari sekali ya!

2.      Melembapkan Kulit Wajah

Menggunakan pelembap kamu bisa membantu menjaga kulitmu tetap terhidrasi, terlindungi dari kerusakan, dan meningkatkan fungsi pelindung kulit. Kamu bisa memilih pelembab yang ringan dan tidak berminyak yang bisa memberikan hidrasi tanpa menyumbat pori-pori. Tentunya, jangan lupa sesuaikan pelembap yang akan kamu pakai dengan tipe kulitmu ya! Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, pilih dan gunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak. Sedangkan untuk kamu dengan kulit kering, pilihlah pelembap yang lebih kaya dan mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid atau glycerin. Melembapkan kulit menjadi salah satu rutinitas dasar skincare yang tidak boleh dilewatkan loh!

3.      Merawat Setelah Bercukur

Untuk kamu yang bercukur secara teratur, rutinitas sebelum dan sesudah bercukur itu penting sekali loh! Jika tidak tepat, kamu bisa mengalami iritasi, luka, dan bahkan infeksi kulit. Untuk itu kamu bisa gunakan krim atau gel cukur yang berkualitas, yang membantu pisau cukurmu meluncur dengan lebih mudah di atas kulit, sehingga mengurangi risiko iritasi dan luka. Setelah bercukur kamu bisa gunakan balsem aftershave yang menenangkan untuk mencegah iritasi dan luka bakar akibat pisau cukur. Kamu bisa pilih produk aftershave yang mengandung bahan-bahan menenangkan seperti aloe vera atau chamomile untuk mencegah iritasi dan menjaga kulit tetap lembut.

Dengan memahami pengaruh hormonal yang unik dan kebutuhan perawatan kulit khusus laki-laki, kamu dapat mengembangkan rutinitas perawatan kulit yang efektif dan memilih produk yang disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Mengikuti tips rutinitas skincare yang tepat dan menggunakan produk yang sesuai, juga dapat menjaga kulitmu tetap sehat, tampak lebih muda, dan bebas dari masalah kulit. Jangan biarkan anggapan bahwa kulit laki-laki tidak memerlukan perawatan menghalangimu dari rutinitas skincare yang efektif. Kalau kamu tertarik untuk membuat produk skincare kuhus laki-laki yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu, PT. Tissan siap membantu loh. Kamu juga bisa konsultasikan produk-produk lain, seperti kosmetik, skincare, dan parfum, yang sesuai dengan kebutuhanmu dengan tim ahli kami. Yuk, wujudkan produk impianmu dan mulai perjalanan beautypreneurmu dengan PT. Tissan!

icon whatsapp
icon
Loading...