Blog

Perbedaan Body Lotion dan Body Serum

cover Blog

Body lotion dan body serum merupakan dua produk yang seringkali Nettisan jumpai bersebalahan dalam rak-rak supermarket atau dragstore tempat membeli kosmetik atau perawatan tubuh ya, Terkadang jadi  suka bingung mau pakai body lotion atau body serum atau harus dipakai keduanya ya? Meskipun keduanya bertujuan untuk melembapkan dan menutrisi kulit, tahukah kamu jika mereka memiliki perbedaan dalam hal formulasi, fungsi, dan cara penggunaannya? Yuk kita kulik lebih dalam lagi apa saja perbedaan antara body lotion dan body serum, serta kapan sebaiknya menggunakan masing-masing produk untuk mendapatkan manfaat yang maksimal!

Apa itu body lotion dan body serum?

Body lotion adalah produk pelembap berbentuk cair atau krim yang secara khusus dirancang untuk melembapkan kulit tubuh. Dengan tekstur yang ringan dan cepat meresap ke dalam kulit, body lotion memberikan hidrasi yang cukup untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhindar dari kekeringan. Body lotion biasanya mengandung bahan-bahan seperti vitamin E, cocoa butter, shea butter, minyak, dan ekstrak tumbuhan lainya juga berfungsi untuk melembabkan kulit. Body lotion membentuk lapisan pelindung di atas kulit, yang membantu mengunci kelembapan dan melindungi kulit dari pengaruh lingkungan yang bisa menyebabkan kulit kering.

Sedangkan body serum adalah produk perawatan kulit yang dirancang dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan body lotion. Produk ini diformulasikan untuk membantu masalah kulit secara spesifik seperti kulit kusam, hiperpigmentasi, jerawat, atau tanda-tanda penuaan dini. Body serum bekerja secara intensif untuk mengatasi masalah kulit tersebut, dan menutrisi kulit untuk mengurangi resiko permasalahan kulit dengan bahan-bahan aktif seperti Niacinamide, Vitamin C, Glutathione, Retinol, DNA Salmon dan masih banyak lagi.

Setelah memahami pengertian dan fungsi dari body lotion dan body serum, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan mendasar antara kedua produk ini. Yuk, kita bahas lebih detail mengenai perbedaan antara body lotion dan body serum agar kamu bisa memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Tekstur dan konsistensi

Secara tekstur dan konsistensi, body lotion memiliki tekstur yang lebih kental dan terkadang cenderung lebih berminyak sehingga dapat memberikan kelembapan yang cukup dan menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Sementara itu, body serum memiliki tekstur yang lebih ringan dan mudah diserap oleh kulit dengan formulasi berbasis air akan terasa tidak licin dan tidak lengket. Body serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dalam formulanya, karena Body serum dirancang untuk memberikan perawatan yang lebih intensif terhadap masalah kulit yang spesifik seperti kulit kusam, hiperpigmentasi atau penuaan dini sehingga cocok digunakan pada area yang fokus untuk membutuhkan perbaikan kulit.

Kandungan Bahan Aktif

Jika berbicara mengenai kandungan yang ada di dalamnya, body lotion adalah produk yang mengandung bahan-bahan seperti mineral, minyak, vitamin E, humektan dan lainnya yang akan menjaga kelembapan kulit. atau menghidrasi kulit. Konsistensinya ringan dan cocok digunakan sehari-hari, terutama setelah mandi untuk memberikan hidrasi yang cukup.Di sisi lain, body serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi karena dirancang khusus untuk menargetkan permasalahan kulit tertentu. Mengandung bahan-bahan seperti Niacinamide, Vitamin C, Glutathione, Retinol atau DNA Salmon, shywhite dan lain-lain. Sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih mendalam dan intensif pada kulit.

Fungsi dan Manfaat

Secara umum, Body lotion dirancang untuk melembapkan dan menutrisi kulit. Body lotion dapat membantu menjaga kulit tetap lembut, terhidrasi, serta dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, kekeringan dan iritasi. Body lotion dapat digunakan untuk semua jenis kulit, sebagai bagian dari rutinitas harian untuk menjaga kelembaban kulit secara menyeluruh. Sementara itu, body serum berfungsi untuk menangani permasalahan kulit tertentu seperti tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi, atau kulit kusam. Karena berbahan dasar air body serum memiliki teksture yang ringan dan membuat produk ini lebih cepat diserap oleh kulit dipadukan dengan bahan aktif yang tinggi sehingga bekerja lebih efektif dalam mengatasi permasalahan kulit. Body serum memberikan manfaat tambahan seperti mencerahkan kulit kusam, menyamarkan noda gelap pada kulit, mengatasi permasalah tekstur kulit atau bahkan menyamarkan tanda-tanda penuaan dini.

Penggunaan

Untuk penggunaan, kamu bisa menggunakan body lotion sebagai pelembap harian yang ringan. Idealnya aplikasikan produk ini setelah mandi atau kapan saja saat kulit terasa kering. Body lotion akan membantu menjaga kelembapan kulit, supaya kulit tetap terhidrasi dan tidak kering selama beraktivitas. Sementara itu, body serum dapat digunakan terutama di area yang membutuhkan perhatian ekstra. Kamu bisa aplikasikan body serum setelah membersihkan dan mengeringkan kulit, pijat dengan lembut hingga terserap sempurna. Setelah itu, kamu bisa lanjutkan dengan body lotion untuk mengunci kelembapan serta manfaat serum. Atau bahkan ada beberapa produk body serum  yang dapat dicampurkan penggunaannya sebagai booster loh, Nettisan! Supaya manfaat yang Kamu dapatkan bisa lebih maksimal.

Dengan memahami perbedaan antara body lotion dan body serum, Kamu akan bisa mengoptimalkan rutinitas bodycare Kamu dan mendapatkan manfaat maksimal dari setiap produk. Untuk hasil terbaik, tentunya Kamu harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulitmu. Jika Kamu mencari body lotion atau body serum yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu atau tertarik untuk membuat produk body lotion atau body serum dengan brand Kamu sendiri, Nettisan jangan bingung. Di PT. Tissan, kamu bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu loh! Bahkan kamu bisa memulai perjalananmu sebagai beautypreneur dengan menciptakan kosmetik, skincare, dan parfummu sendiri. Nettisan pasti tahu ya bahwa market body lotion atau body serum begitu besar, dengan iklim Indonesia saat ini hampir semua penduduk menggunakan body lotion, jadi sudah terbayang ya bagaimana jika Nettisan menjual produk body lotion atau body serum dengan brand kalian sendiri. Jangan ragu untuk menghubungi PT Tissan sekarang juga untuk memulai perjalanan berbiisnis body lotion dan body serum demi menuju kulit yang lebih sehat dan bercahaya !

Postingan terkait

Belum ada postingan

icon whatsapp
icon
Loading...