Blog

5 Kesalahan Umum dalam Rutinitas Skincare: Bagaimana Menghindarinya?

cover Blog

Pernahkah Nettisan bertanya-tanya, kenapa sudah  tidak pernah absen melakukan rutinitas skincare tapi masih belum ada hasil yang terlihat? Terkadang, Nettisan pasti merasa frustasi dan ingin berhenti melakukan rutinitas skincare yang Nettisan lakukan.

Perlu diketahhui sebenarnya yang Nettisan hadapi ini adalah satu masalah yang sangat umum terjadi loh. Mungkin ada yang kurang tepat dari rutinitas skincare yang Nettisan lakukan, sehingga tidak membuahkan hasil. Agar rutinitas skincare Kamu bisa bekerja dengan efektif dan membuahkan hasil yang optimal, yuk kita bahas lima kesalahan umum yang sering dilakukan dalam rutinitas skincare!

1.         Tidak Memperhatikan Jenis Kulit

Produk skincare yang sering Nettisan lihat di pasaran tidak selalu cocok dengan jenis kulitmu loh! Nettisan harus tahu terlebih dulu bagaimana jenis kulitmu sebelum mencoba produk-produk skincare yang sedang populer. Mengabaikan jenis kulitmu yang unik adalah kesalahan fatal yang akan menghambat rutinitas skincare Kamu bekerja secara maksimal. Bahkan menggunakan produk skincare yang tidak sesuai dengan jenis dan karakteristik kulitmu akan memperparah masalah-masalah kulit seperti jerawat atau kulit kering yang Nettisan alami. Melakukan riset dan memahami jenis kulit menjadi langkah pertama yang perlu Kamu lakukan agar rutinitas skincare kamu efektif dan memberikan hasil yang Kamu harapkan. Jangan tergoda oleh rekomendasi produk-produk skincare yang ada di luar sana tanpa mempertimbangkan kebutuhan kulitmu ya!

2.         Tidak Membersihkan Wajah Dengan Benar

Membersihkan wajah sudah pasti menjadi langkah dasar dalam rutinitas skincare yang Kamu lakukan. Sisa-sisa makeup, kotoran, dan polusi yang menempel di wajah dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit. Tapi sudahkah Kamu melakukannya dengan baik dan benar? Kamu harus pastikan menggunakan produk pembersih yang cocok dengan kulitmu. Pastikan juga Kamu membersihkan wajahmu setidaknya dua kali sehari. Terutama di malam hari ya, karena dengan tidak membersihkan wajahmu di malam hari kamu menghambat proses peremajaan dan perbaikan yang kulitmu lakukan. Kamu juga bisa melakukan double cleansing untuk memastikan bahwa wajahmu sudah betul-betul bersih loh! Kulit yang bersih akan membantu skincare yang kamu gunakan terserap lebih baik lagi.

3.         Eksfoliasi yang Berlebihan

Kamu memang perlu melakukan melakukan eksfoliasi untuk membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati, dan membuka pori-pori yang tersumbat. Bahkan dengan melakukan eksfoliasi, akan membantu skincare yang Kamu pakai lebih cepat terserap. Manfaat melakukan eksfoliasi sangat menggiurkan sekali ya. Namun, jika Kamu berniat melakukannya setiap hari sebaiknya Kamu pikirkan kembali, karena eksfoliasi ternyata tidak boleh dilakukan secara berlebihan loh! Selain dapat menyebabkan iritasi kulit, peradangan, dan kemerahan pada kulitmu, eksfoliasi yang berlebihan juga dapat merusak skin barrier, dan membuatnya kulitmu lebih rentan terhadap stressor. Kamu cukup lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu saja kok. Jangan lupa juga untuk memilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulitmu ya! Kamu bisa lihat Tips and Trik Eksfoliasi agar eksfoliasi yang kamu lakukan tidak merusak kulit dan mengganggu rutinitas skincare-mu.

4.         Tidak Menggunakan Sunscreen

Akhir-akhir ini banyak sekali produk tabir surya atau sunscreen di pasaran. Sayangnya masih banyak yang melewatkan penggunaan sunscreen yang sangat penting untuk kulit ini. Apalagi saat cuaca sedang mendung atau sedang tidak ada rencana keluar dari rumah. Padahal paparan sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan dini bahkan kanker kulit, bisa menembus kaca jendela ruangan dan tetap mempengaruhi kulitmu loh! Jadi jangan sampai Kamu tidak memakai sunscreen ya walau Kamu hanya melakukan kegiatan di dalam ruangan. Kamu bisa gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk perlindungan yang lebih kuat. Jangan lupa untuk re-apply sunscreen kamu ya, apalagi jika kamu sedang berada di luar ruangan dan terpapar langsung oleh matahari! Gunakan Sunscreen Yang Tepat agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

5.         Terlalu Banyak Menggunakan Produk

Mencoba berbagai produk skincare di saat yang bersamaan agar keluhan-keluhan yang kita miliki segera terselesaikan memang terlihat menggoda. Tapi dengan melakukan hal itu ternyata Kamu membebani kulitmu loh! Bukan sesuatu yang mengherankan jika Kamu menggunakan terlalu banyak produk dan kulitmu mengalami iritasi. Keseimbangan kulitmu juga bisa terganggu karena produk-produk yang Kamu pakai. Penumpukan karena banyaknya produk yang Kamu pakai juga bisa menyebabkan pori-porimu tersumbat, dan memunculkan jerawat. Sebaiknya gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah-masalah kulit yang ingin Kamu atasi. Kamu bisa memulai rutinitas skincaremu dengan sesuatu yang basic seperti pembersih, pelembap, dan sunscreen. Setelah itu kamu bisa menambahkan produk-produk lainnya secara bertahap, seperti serum, jika memang diperlukan. Dalam rutinitas skincare, berlebihan tidak selalu berarti baik loh!

Setelah mengetahui apa-apa saja yang sering menjadi kesalahan ketika melakukan rutinitas skincare, kini Kamu bisa mulai menghindarinya agar kulit yang Kamu impikan segera terwujud. Rutinitas skincare yang tepat juga akan membantu menjaga kulitmu tetap sehat dan bercahaya. Jangan pernah lupa bahwa setiap kulit memiliki kebutuhan uniknya masing-masing ya. Pahami dulu kulitmu agar Kamu dapat merawat kulitmu sesuai dengan kebutuhannya.

Kalau Nettisan memiliki keinginan untuk membuat produk skincare khusus sesuai dengan kebutuhan kulitmu atau Kamu memiliki keinginan untuk menjadi beautypreneur, Kamu bisa hubungi PT. Tissan sekarang juga! Kamu bisa konsultasikan produk-produk, seperti kosmetik, skincare, dan parfum, yang sesuai dengan kebutuhanmu dengan tim ahli kami. Yuk, wujudkan produk impian dan mulai perjalanan beautypreneurmu dengan PT. Tissan!

icon whatsapp
icon
Loading...