Blog

Tips Menaikkan Value Product Dengan Brand Sendiri

cover Blog

Dunia kosmetik, skincare, dan parfum saat ini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, terlihat dari data Statista yang menunjukkan bahwa pada tahun 2024 pendapatan pasar kecantikan & personal care di Indonesia diperkirakan mencapai US$9,17 miliar dan secara global  Amerika Serikat dengan pendapatan tertinggi sebesar US$100 miliar . Diproyeksikan pasar ini akan tumbuh setiap tahunnya sebesar 4,39% (CAGR 2024-2028). Secara keseluruhan pasar ini mengalami peningkatan tertinggi pada segmen skincare dan kosmetik.

Besarnya peluang bisnis kosmetik, skincare, dan parfum ini membuat para produsen kosmetik dan beautypreneur maupun brand owner kosmetik semakin berusaha untuk membuat produk kosmetik, skincare, dan parfum terbaik mereka yang dapat diterima oleh masyarakat luas. Besarnya persaingan dalam bisnis ini mewajibkan para produsen kosmetik, beautypreneur, brand owner dan para pemula harus bisa memiliki strategi branding terhadap bisnis mereka agar bisnisnya tetap bisa menguasai pasar. Strategi branding ini adalah dengan memiliki value product untuk bisa menarik customer.

Value Product 

Value product dalam dunia bisnis merupakan suatu “magic” yang dapat merubah calon pelanggan yang awalnya tidak tau, menjadi tau, lalu tertarik dan akhirnya menjadi pelanggan setia. Value product bisa diartikan juga sebagai manfaat yang akan diperoleh pelanggan atas produk yang Kamu berikan.

Suatu produk yang memiliki value productnya sendiri, yang menjadi ciri khas produk atau merek/brand tersebut akan memiliki peluang lebih besar untuk menarik dan mempertahankan pelanggannya. Sejauh mana produk Kamu dapat memberikan solusi terhadap permasalahan konsumen juga merupakan prinsip value product, ini akan memberikan kepuasan pelanggan sehingga meciptakan pasar untuk produk Kamu.

Karena suatu produk akan diminati oleh pelanggan bukan hanya karena harga dan popularitas saja, tetapi pasar terbentuk juga oleh faktor preferensi, pengalaman, kebiasaan, dan rutinitas pelanggan.

Value Product Dalam Bisnis Komestik

Untuk para pemula atau yang akan memulai bisnis kosmetik, skincare, dan parfum yang perlu dipersiapkan adalah merek atau brand untuk produk Kamu. Merek/Brand ini merupakan nama atau identitas produk yang akan Kamu jual.  Dalam bisnis kosmetik ketika membuat produk atau brand kosmetik, Kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya :

1.      Produk harus memiliki value positif dan unik

2.      Mudah didengar dan diingat

3.      Belum pernah digunakan

4.      Buat logo yang berkarakter

Faktor-faktor tersebut akan membuat calon pelanggan secara tidak sadar akan terpengaruh karena visual terlebih dahulu. Karena sebagian besar masyarakat akan menilai sesuatu dari visual terlebih dahulu untuk menjadi tertarik, dari tertarik ini tahap berikutnya akan dibaca dan dicari tahu lebih lanjut untuk berkenalan dengan produk kosmetik, skincare, dan parfum Kamu.

Dalam faktor pembuatan merek/brand poin pertama adalah value product yang positif dan unik. Ini sudah jelas bahwa value product merupakan hal penting. Kamu sebagai produsen kosmetik, beautypreneur, brand owner, atau pebisnis pemula harus mencari tau terlebih dahulu kenapa produk Kamu harus diterima oleh konsumen.

Tips Meningkatkan Value Product Kosmetik, Skincare, dan Parfum Dengan Brand Sendiri

Produsen kosmetik, beautypreneur, dan brand owner yang telah memiliki value product dengan mengetahui alasan produk kosmetik, skincare, dan parfum tersebut harus diterima konsumen maka tahap berikutnya adalah dengan membuat formulasi produk yang berkualitas.  Produk yang berkualitas merupakan jaminan kepuasan pelanggan. Namun untuk menuju ke tahap kepuasan pelanggan perlu diketahui bahwa pelanggan perlu melalui tahap tertarik terhadap produk dahulu.

Sehingga perlu dilakukan tips berikut untuk dapat meningkatkan value product Kamu agar konsumen tertarik terhadap produk Kamu, diantaranya dengan:

Ø  Color branding produk : Buat produk dengan warna yang menarik dan unik, bisa dari warna produknya atau warna kemasannya, cari warna yang eye catching atau onpoint. Ketika produk didisplay akan mencuri perhatian konsumen.

Ø  Copywriting : Buat klaim produk yang menarik dengan mengangkat permasalahan yang dihadapi oleh konsumen dengan tetap memperhatikan peraturan klaim pada kosmetik yang berlaku. Suatu produk yang memberikan solusi akan membuat konsumen secara sadar menaruh perhatian terhadap produk.

Ø  Desain: Buat desain yang menarik untuk packaging produk Kamu, dengan bentuk yang unik dan menarik. Desain ini bisa menggunakan gambar-gambar, jenis huruf, dan penggunaan segel atau tag yang unik, khas dan lain daripada yang lain. Sehingga akan menjadi ciri khas dan branding terhadap produk Kamu yang mudah diingat oleh konsumen.

Ø  Packaging : Buat packaging yang dapat menjadi ciri khas produk Kamu, bisa menggunakan packaging yang khusus, seperti botol, tube, atau pot dengan custom desain. Jika menggunakan dus bisa juga ditambahkan segel sebagai ciri khas produk, dan sebagainya yang akan menjadi ikon produk Kamu.

Ø  Foto produk : Buat foto produk dengan memperlihatkan produk dari semua sisi, tekstur, dan warna, hingga cara penggunaan produk yang estetik dan real, ini akan menjadi reverensi konsumen dalam menentukan pilihan dalam memilih produk. Foto before after penggunaan produk juga dapat meningkatkan value product, yaitu dengan meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa produk Kamu berkualitas.

 

PT Tissan sebagai perusahaan maklon kosmetik, skincare, dan parfum selain menjamin kualitas produk juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan value product Kamu. PT Tissan akan membantu Kamu dalam membuat value product dengan memberikan formulasi yang berkualitas dan aman, serta memberikan referensi packaging, desain packaging, dan copywritting sesuai dengan value product Kamu. Karena PT Tissan memiliki tim ahli yang profesional dan berpengalaman, salah satunya adalah tim ahli PT Tissan yang akan selalu melakukan pengecekan terhadap desain packaging dan copywritting pada penandaan produk kosmetik, skincare, dan parfum Kamu sesuai dengan Peraturan BPOM yang berlaku.

 

Jadi, tidak perlu ragu lagi dalam membangun value product, Kamu bisa konsultasikan semuanya dengan PT Tissan. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera hubungi Kami untuk informasi lebih labih lanjut.

icon whatsapp
icon
Loading...